Kacang Hijau, Mengandung Banyak Nutrisi Bermanfaat Bagi Tubuh Kita

Berbahagialah Anda penggemar kacang hijau karena di dalamnya terkandung banyak zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Kacang hijau dapat diolah menjadi menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat diantaranya adalah; bubur kacang hijau/burjo (ditambah santan dan ketan merah), kue bakpia, bakpao, sop, dll. Adapun kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh adalah :

  • Protein : Kandungannya mencapai 7 gr untuk setiap 100 gr. Protein berguna untuk pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan kesehatan sehabis sakit, meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat Anda kenyang lebih lama. 
  • Vitamin : Mengandung asam folat dan vitamn B1 sangat tinggi. Asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu kacang hijau juga mengandung riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang sangat berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh. 
  • Sumber Mineral: Kandungan dalam 100 gram kacang hijau : potasium (266 mg), fosfor (99 mg), mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), zat besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg). 
  • Kaya Serat ; Dalam 100 gr kacang hijau mengandung 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Manfaat serat adalah menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol. 
  • Kaya Omega-3 : Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Manfaat asam lemak esensial ini adalah untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. 
Setelah mengetahui banyaknya kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh kita, tak ada salahnya kita menyajikan kacang hijau sebagai variasi makanan kita sehari-hari.