Peyek Dan Belut Goreng, Renyah Dan Gurih. Asli Godean, Sleman

Ketika masih hidup belut memang terlihat menggelikan, bahkan membuat takut bagi orang untuk memegangnya. Namun bagi sebagian penduduk kecamatan Godean, Sleman, Yogyakarta belut justeru menjadi sumber mata pencaharian. Di tangan mereka belut diolah menjadi oleh-oleh yang digemari wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Bila Anda berkunjung ke kawasan Godean, Sleman, Yogyakarta, terdapat sentra pedagang peyek dan belut goreng yang berlokasi di dekat Kantor Kecamatan Godean. Disini terdapat puluhan pedagang aneka makan berbahan dasar belut. Peyek dan belut goreng dikemas dalam plastik dan dijual dengan kisaran harga Rp 45.000,- sampai dengan Rp 60.000,- per kg. Selain peyek dan belut goreng Anda juga dapat menikmati kuliner hasil olahan belut lainnya, seperti mangut belut, pecel belut, dll.

Ketenaran Godean sebagai sentral makanan yang berbahan dasar belut sudah dikenal sejak lama. Tidak hanya penduduk Yogakarta yang datang ke tempat itu, namun juga wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan belum mengetahui lokasi sentra kuliner belut berikut adalah petunjuknya :

  • Dari Tugu ke arah barat sekitar 8 KM melalui Jln. P. Diponegoro, Jl. Kyai Mojo, Jl. Godean, Godean (lokasi)
  • Dari Alun-alun Utara/Malioboro ke arah barat melalui Jln. KH. Achmad Dahlan, Jl. Wirobrajan, Jln. HOS Cokroaminoto, Jl. Godean, Godean (lokasi)

Menurut para ahli Belut mempunyai kandungan kalori, gizi, dan berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

 Anda berminat? Silahkan datang ke Godean, Sleman, Yogyakarta.