Geblek, Makanan Khas Kabupaten Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo adalah salah satu Daerah Tingkat II di Wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibu Kota kabupaten Kulon Progo adalah Kota Wates. Wilayah Kabupaten Kulon Progo terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 25 kilometer dari Alun-alun Utara. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Jogja dari arah barat tentu melalui Kota Wates. Akhir-akhir ini Kabupaten Kulon Progo sering dibicarakan oleh masyarakat Yogyakarta karena di kawasan itu akan dibangun bandara baru, menggantikan Bandara Adi Sucipto yang sudah over capasity.

Di kancah pariwisata Kabupaten Kulon Progo memang kurang begitu dikenal dibandingkan kota-kota lain disekitar Yogyakarta seperti Sleman dengan Kaliurang, Gunung Merapi, Prambanan atau Salak Pondohnya, Bantul dengan Parangtritis, Kasongan, atau Imogiri atau bahkan GUnung Kidul dengan wisata Gua Pindul atau pantai-pantainya. Namun tahukah Anda jika di Kulon Progo terdapat makanan khas yang dinamakan Geblek? Makanan ini masih banyak dijumpai di pasar-pasar tradisonal di kawasan Kulon Progo. Geblek adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka yang buat dalam adonan dicampur dengan garam dan bawang kemudian dibentuk menyerupai angka "8" dan digoreng, rasanya cenderung tawar agak gurih. Biasanya makanan ini disajikan bersama dengan tempe benguk dan segelas teh atau kopi.

Jika Anda penasaran dan berminat menikmati makanan khas Kulon Progo tersebut silahkan datang ke pasar-pasar tradisional di Wates sekitar 25 kilometer arah barat Kota Yogyakarta.