Kue Kipo Asli Kota Gede Yogyakarta


Membicarakan jajanan khas Jogja/Yogyakarta, seakan-akan tak ada habisnya. Setelah dalam posting-posting terdahulu diulas tentang kue bakpia Jogja, peyek/keripik belut Godean, geblek Kulon Progo, dll. Kini Anda kami kenalkan dengan kue Kipo dari Kota Gede,Yogyakarta sebuah kawasan yang pernah menjadi sentra Kerajaan Mataram di masa lalu.


Kipo merupakan kue berukuran kecil berwarna hijau yang dibuat dari bahan tepung ketan, parutan kelapa dan gula merah yang kemudian dipanggang. Seperti umumnya kue khas Jogja/Yogyakarta Kipo memiliki rasa dominan manis. Sebutan Kipo karena pada tempo dulu ketika kue ini disajikan belum diberi nama, sehingga orang-orang bertanya dalam bahasa Jawa: Iki apa? Atas dasar cara bertanya inilah, kemudian kue ini diberi nama Kipo.

Kipo dapat dibeli di sekitar Pasar Kota Gede, Yogyakarta dengan harga relatip terjangkau. Karena terdapat bahan santan dan parutan kelapa, maka makanan ini hanya dapat bertahan selama 1 hari. Jika Anda ingin mencicipinya silahkan datang ke Pasar Kota Gede, disini masih dapat ditemui beberapa penjual kue Kipo, salah satunya adalah di Kios Kipo Bu Djito, jl. Mondorakan No. 27, Kota Gede, Yogyakarta (sekitar 500 arah barat Pasar Kota Gede). Kios yang  sederhana ini sudah sangat dikenal oleh penggemar kue Kipo. Akan lebih nikmat rasanya jika Anda menyantap kue Kipo sambil ditemani segelas teh hangat atau kopi.