Lontong Sayur Lodeh Plus Sate Sapi Kota Gede Jogja

Setelah kami perkenalkan dengan Kue Kipo Khas Kota Gede Yogyakarta, kini kami ajak Anda penggemar kuliner untuk menjajal kuliner aseli Kota Gede lainnya, yakni Sate Karang Pak Cipto. Disebut Sate Karang karena lokasi warung makan berada di dekat Lapangan Karang, Kota Gede, Yogyakarta. Warung Sate Karang dirintis oleh Pak Karyo Semito (orang tua Pak Cipto) sejak tahun 1955. Warung ini menyajikan sayur lodeh rasa pedas dipadu dengan lontong dan sate sapi rasa manis. Setiap porsi berisi 10 tusuk dengan 3 potong daging sapi per tusuknya.

Satu porsi lengkap terdiri dari sayur lodeh, lontong dan sate sapi dibanderol dengan harga Rp 20.000,-. Cukup mahal untuk ukuran kantong masyarakat Jogja, namun orang jawa bilang "ana rega ana rupa" artinya harga sepadan dengan kelezatan yang diperoleh. Rasa makanan ini benar-benar nyamleng alias maknyuss (kata Pak Bondan).

Warung Pak Cipto buka setiap hari dari sore hingga malam hari. Sejenis dengan warung Pak Cipto dapat Anda temukan di Jalan Imogiri Barat (100 meter utara perempatan ring road) dan di Jalan Godean (dekat perempatan Munggur).